About Us

PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (MBSS) adalah perusahaan pelayaran yang berfokus pada energi yang terkemuka di Indonesia, khususnya batubara. Lebih dari 25 tahun pengalaman dalam bisnis ini, MBSS telah mendapatkan reputasi untuk keamanan, kualitas yang tinggi dan pelayanan yang dapat diandalkan. Klien utama kami adalah produsen batubara tingkat pertama dan kedua.

MBSS didirikan di Jakarta, Indonesia pada tahun 1994 sebagai perusahaan pelayaran. Seiring waktu, fasilitas, armada dan lingkup layanan tumbuh dan berkembang menjadi penyedia jasa logistik dan transportasi utama yang mampu  memenuhi kebutuhan klien dengan konsisten. Pada tahun 2011, MBSS menjadi salah satu Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia).

Menerapkan standar operasi internasional dan industry best practices untuk memastikan layanan yang efisien dan dapat diandalkan untuk para pelanggan, MBSS berkomitmen untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan melalui pengambilan keputusan strategis dan aktivitas operasional yang handal.

Vision

Untuk membangun Perusahaan pengiriman energi Indonesia yang paling aman, paling andal, dan efisien, memungkinkan pertumbuhan infrastruktur dan pengembangan energi.

Mission

Untuk mengangkut energi Indonesia dengan aman, tepat waktu, dan hemat biaya. Kami melakukan ini dengan mengutamakan layanan pelanggan dan integritas yang tinggi, menjadikan kami sebagai mitra pilihan.


Values

Integritas

Jujur dengan diri sendiri, orang lain dan pekerjaan seseorang setiap saat dengan menjunjung tinggi berlaku standar etika dan norma hukum.

Bersatu dalam perbedaan

Melihat keragaman sebagai aset bagi perusahaan dan menerima, menghargai, melengkapi dan memperkuat satu sama lain sebagai entitas kokoh bersatu.

Kerjasama dalam tim

Aktif berkontribusi dan berkolaborasi berdasarkan kepercayaan dan berbagi kepentingan daripada kepentingan pribadi.

Pencapaian

Prestasi sebagai ukuran keberhasilan dan motivasi untuk melakukan apa yang terbaik bagi perusahaan.

Tanggung jawab sosial

Peka terhadap lingkungan dan masyarakat, dan memberikan kontribusi nilai tambah serta memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat.

Milestones

1994

Didirikan pada 24 Maret 1994

Barging kontrak dengan PT Varia Usaha (Semen Gresik anak) dan PT Arutmin Indonesia untuk Transportasi batubara domestik.

1998

Mendapatkan kontrak jangka panjang untuk transportasi batubara dari PT Bahari Cakrawala Sebuku (Straits Resources)

perusahaan transportasi batubara pertama yang menerapkan pengiriman dan demurrage klausul dalam kontrak.

2004

Penanganan material

2008

Operasi derek floating crane pertama (FC Ben Glory)

2011

April 6, 2011, Penawaran Umum Perdana di Bursa Efek Indonesia

April 2011, PT Indika Energy Infrastructure mengakuisisi 51% saham di MBSS

2012

Januari 2012, MBSS mengakuisisi PT Mitra Alam Segara Sejati

Penguatan sinergi dengan Indika Energy Group untuk mengerahkan delapan set tongkang dan satu floating crane dengan tingkat pemuatan 50.000 ton per hari (FC Vittoria) dalam proyek Kideco

2013

Sebuah perjanjian pembiayaan untuk USD 59.100.000 ditandatangani dengan Standard Chartered dan ANZ Bank pada tanggal 23 Mei 2013, dengan jangka waktu pelunasan panjang dan bunga yang lebih rendah

Pada bulan Desember, MBSS dilaksanakan Balanced Scorecard (BSC) sistem manajemen kinerja. Kerangka BSC membantu Perusahaan untuk memvisualisasikan dan menerjemahkannya ke dalam tujuan operasional yang didorong oleh perilaku serta kinerja

2014

MBSS mulai menerapkan sistem manajemen terintegrasi untuk Kualitas, Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan disebut Mitra QSHE (Mitrabahtera Segara Sejati Kualitas Keselamatan Kesehatan & Lingkungan), yang akan dilaksanakan di semua bidang operasional MBSS

Mitra QSHE adalah sistem manajemen terpadu yang mematuhi standar dari: ISM Code (Sistem Manajemen untuk Sailing Keselamatan), OHSAS 18011 (Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja), ISO 14001 (Sistem Manajemen Lingkungan), ISO 9001 (Sistem Manajemen Mutu)

2021

Oktober 2021, MBSS resmi diakuisisi oleh PT Galley Adhika Arnawama

Our Organization

PT Mitra Swire CTM (MSC)

Didirikan pada tahun 2008. MSC bergerak di bidang pelayaran dengan mengoperasikan dua floating crane (FC Princesse Abby dan FC Princesse Chloe).

PT Mitra Alam Segara Sejati (MASS)

Didirikan pada tahun 2010. MASS adalah perusahaan yang bergerak di bidang pelayaran.

Mitrabahtera Segara Sejati Pte. Ltd.

Didirikan pada tahun 2010 dan Berkedudukan di Singapura.

PT Mitra Hartono Sejati (MHS)

Didirikan pada tahun 2005. MHS adalah perusahaan yang bergerak di bidang pelayaran.

PT Transship Teknik Solusi

Didirikan pada tahun 2017

Our Management

Board of Commissioners

Wisma Bharuna Komisaris Utama
View Profile
Kristine Sheilla Avinta Putri Komisaris Independen
View Profile

Board of Directors

Armand Setiawan Tanudjaja Direktur Utama
View Profile
Ferdinand Chavez Mapaye Direktur
View Profile
Maria Anggar Kusumawati Direktur
View Profile
Susan Faustine Direktur
View Profile

Corporate Governance

MBSS percaya bahwa pelaksanaan Good Corporate Governance merupakan aspek penting dari menjadi perusahaan kelas dunia, sejalan dengan visi dan misi Perusahaan. Oleh karena itu, MBSS telah mengambil langkah-langkah untuk menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, keadilan, dan kesetaraan dalam semua aspek operasi, dan pada semua tingkat manajemen.

Komite Audit, Risiko, dan Compliance

Komite Audit, Risiko, dan Compliance dibentuk untuk membantu Dewan Komisaris untuk secara komprehensif meninjau kebijakan Good Corporate Governance (GCG), khususnya yang menyangkut etika bisnis, kerahasiaan dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR), yang didirikan oleh Direksi dan untuk menilai konsistensi pelaksanaannya. Komite Audit, Risiko, dan Compliance diharapkan dapat memastikan bahwa Komisaris, Direksi, Karyawan dan Pemegang Saham Perseroan mematuhi peraturan yang berlaku dan praktik bisnis yang sehat berdasarkan transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, kemandirian, kesetaraan dan keadilan.

View Member

Komite Nominasi dan Remunerasi

Komite Nominasi dan Remunerasi dibentuk oleh Dewan Komisaris untuk membantu menelaah dan meningkatkan Struktur Organisasi Perusahaan serta memberikan pendapat terkait masalah-masalah sumber daya manusia lainnya, seperti kebijakan administrasi dan prosedur sehubungan dengan skema remunerasi dan tunjangan bagi para karyawan, serta program pengembangan profesi dan pelatihan karyawan. Komite Nominasi dan Remunerasi juga melakukan penelaahan atau penilaian kompetensi secara menyeluruh bagi sumber daya manusia yang bekerja di MBSS.

View Member

Corporate Secretary

Tugas utama Sekretaris Perusahaan adalah untuk menyebarkan informasi yang komprehensif tentang Perusahaan kepada publik secara transparan, jelas, dan tepat waktu untuk menjamin dan menjaga kepercayaan para pemegang saham, pemangku kepentingan, serta memelihara integritas dan akuntabilitas Perusahaan di pasar modal, sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku. Selain itu, Sekretaris Perusahaan juga bertindak sebagai wakil Perusahaan dalam pertukaran informasi dengan pihak luar, yaitu pemerintah, representatif pasar modal, media, dan para pemangku kepentingan yang terkait. Sekretaris Perusahaan bekerja sama dengan Divisi Hukum Perusahaan untuk memastikan kepatuhan terhadap semua peraturan-peraturan Bursa Efek Indonesia (BEI) dan OJK, bukan hanya untuk memenuhi kewajiban terhadap pihak ketiga, namun juga melakukan pengungkapan transaksi-transaksi material.

View Member

Internal Audit

Divisi internal audit secara independen dan objektif bertanggung jawab untuk menelaah semua risiko yang berkaitan dengan pengelolaan korporasi dan sistem informasi; kehandalan dan integritas informasi keuangan dan operasional; efektivitas dan efisiensi operasional; kemanan aset; kepatuhan terhadap hukum; peraturan dan kontrak; serta melaporkan temuan-temuan tersebut secara transparan dan objektif.

View Member

GCG Updates & Documents

GCG Updates & Dokumen

View Documents

Article of Association

View PDF

Melaporkan perbuatan tersangka?

Sebagai bagian dari Tata Kelola Perusahaan kami, MBSS menerapkan sistem whistleblowing sebagai mekanisme pelaporan kepada manajemen harus orang mengamati situasi yang melibatkan dugaan penipuan, penyalahgunaan, kecurangan, konflik kepentingan, pelanggaran hukum atau peraturan atau kode MBSS 'perilaku bisnis, atau segala bentuk pelanggaran.

Menjadi Whistleblower

Recognitions

Penghargaan Zero Accident dari PT Berau Coal

Pada bulan April 2014, MBSS menerima Penghargaan Zero LTI untuk tahun 2013 dari PT Berau Coal. Penghargaan ini diberikan oleh PT Berau Coal bagi MBSS atas penerapan standar keselamatan kerja serta tidak adanya loss time due to injury (LTI) sepanjang tahun tersebut. PT Berau Coal merupakan salah satu mitra kerja MBSS dengan standar keselamatan kerja yang tinggi.

Penghargaan Kontraktor Terbaik dari Kaltim Prima Coal (KPC)

MBSS meraih penghargaan sebagai kontraktor terbaik dari KPC, berdasarkan dari hasil evaluasi kinerja MBSS dalam memberikan layanan logistik laut kepada KPC.

Penghargaan Nihil Kecelakaan dari Bupati Kutai Timur

Bupati Kutai Timur menganugerahkan penghargaan kepada MBSS dalam mengutamakan keselamatan kerja sehingga mencapai nihil kecelakaan kerja (zero accident).

Best Forbes 2013

MBSS meraih penghargaan Top 50 Companies for 2013 di acara penghargaan Best of the Best 2013 yang diselenggarakan Forbes Indonesia, atas kinerja yang diraih Perusahaan.

Penghargaan INSA

MBSS menerima penghargaan Tug and Barge Shipowner or Operator of the Year dari Indonesian National Shipowners’ Association (INSA). Penghargaan ini diberikan kepada MBSS atas penerapan standar keselamatan kerja Internasional dan pengelolaan kapal dan armada yang baik. INSA adalah asosiasi utama para pemilik kapal di Indonesia.

Penghargaan Performa Tug dan Barge Terbaik 2012

PT Adaro Indonesia menganugrahkan MBSS sebagai The Best Tug and Barge Performance Contractor berdasarkan evaluasi kinerja oleh PT Adaro dengan kriteria yang mencakup beberapa faktor yaitu : (i) Keselamatan, sebagai faktor utama evaluasi, (ii) ketepatan waktu (iii) ketersediaan armada.